Home > Jalan-jalan, Kuliner, Tips > Oleh-oleh Kekinian Milik Artis

Oleh-oleh Kekinian Milik Artis

Assalamualaikum,

.
Masing-masing daerah di Indonesia sering kali punya makanan khas yang otentik dan sering dijadikan oleh-oleh. Kalau dulu pilihan oleh-oleh merupakan makanan tradisional, saat ini pilihannya sudah semakin banyak ditambah lagi banyak artis yang akhirnya membuat kue yang didaulat jadi oleh-oleh daerah.

.

Siapa saja artisnya dan apa produknya, check it out :

 

Mulai dari Surabaya yang merupakan kota tempat tinggal dan tempat saya cari uang.

SURABAYA

1. Surabaya Snow Cake by Zaskia Sungkar

 

 

Surabaya Snow Cake ini bisa dibilang awal kemunculan oleh-oleh kekinian Surabaya. Snow Queen (panggilan buat Zaskia Sungkar) berusaha untuk memadukan kue khas Surabaya yaitu Lapis Surabaya dengan Puff Pastry. Hasilnya…voila…kue yang cantik dilihat dan ternyata banyak yang suka.
.

Review saya mengenai Snow Cake bisa dilihat disini.

.
2. Surabaya Patata by Okki Setiana Dewi dan Ria Ricis

 

Price list

 

Black patata

 

Baru-baru ini muncul 1 lagi oleh-oleh kekinian yang kalau beli harus antri lumayan lama, yaitu Surabaya Patata. Dari namanya,  kue ini mengandung kentang dan diberi lapisan dan topping beraneka rasa. Teksturnya lumayan padat sehingga cukup bisa jadi pengganjal perut sambil nunggu makan besar.

 

Review saya mengenai Surabaya Patata bisa dilihat disini.

 

3. Vidi Vini Vici by Vidi Aldiano

 

Vidi Vici Vini by Vidi Alviano

Vidi Vici Vini Surabaya by Vidi Alviano

 

Ini yang baru, Vidi Vici Vini yang digawangi oleh penyanyi pria bersuara merdu, Vidi Alviano. Seperti apa bentuk kue nya? kita tunggu nanti kalau sudah launching.

 

Sekarang geser ke Malang ya…tetangganya Surabaya.

 

MALANG

4. Applequeen by Farah Quinn (Malang)

 

Kue bikinan celebrity chef Farah Quinn

 

Kalau yang ini penamaannya agak berbeda dari yang lain karena ga pakai nama daerah. Kue ini kelihatan enak dan emang punya salah seorang selebrity chef yaitu Farah Quinn. Di IG nya sendiri ada foto-foto dimana Farah turun langsung untuk pembuatan makanan yang satu ini. Hemm…jadi pengen nyoba.

 

5. Malang Strudel by Tengku Wisnu

 

Sepertinya Malang Strudel inilah yang merupakan cikal bakal dari oleh-oleh kekinian (waktu itu sepertinya istilah “kekinian” belum populer). Toko oleh-oleh ini dimiliki oleh artis Tengku Wisnu setelah dia meninggalkan dunia sinetron dan menjadi lebih Islami. Mengangkat buah apel yang merupakan icon dari Malang, terciptalah salah satu varian dari strudel yaitu Apple Strudel. Kue ini adalah perpaduan antara pastry dan isian yang tebal. Saya pernah mencicipi beberapa varian dan favorit saya adalah rasa Coklat Pisang.

 

Yang baru dari Malang Strudel adalah dia membuat Premiun Strudel. Kalau dilihat tampilannya jadi mirip sama Surabaya Snow Cake. Ada pastry yang crispy dan lapisan yang creamy.

 

Saya pernah mengunjungi salah satu outletnya yang ada di daerah Batu Malang, selain menjual Malang Strudel, toko ini juga menjual berbagai oleh-oleh yang dibuat oleh UKM yang ada di Malang dan sekitarnya seperti tempe keripik, aneka keripik buah, dll.

 

YOGYAKARTA

6. Jogja Scrummy by Dude Herlino

 

Tengku Wisnu buka Malang Strudel, tidak lama setelah itu muncul Jogja Scrummy yang dimiliki oleh Dude Herlino yang juga merupakan teman se geng dari Tengku Wisnu. Pada awalnya Jogja Scrummy memproduksi kue seperti gambar atas (yang roti nya berwarna ungu). Kue ini kalau dilihat-lihat mirip banget sama Malang Strudel yaitu ada pastry dengan isian aneka rasa. Yang membedakan adalah peletakan cake sebagai base si pastry ini. Beberapa waktu yang lalu ada teman yang habis jalan-jalan ke Jogja dan bawa makanan ini yang rasa Srikaya. Saya mencicipinya dan sepertinya tidak terlalu suka sama yang satu ini.

 

Untuk menamnah varian produk, baru-baru ini Jogja Scrummy punya produk baru yaitu Premium Carrot Cake. Dilihat dari fotonya tampak sangat menggiurkan. Trus kalau bayangin carrot cake, saya sendiri juga suka. Nah ini Premium Carrot Cake, wah…harusnya Yummy banget. Pokoknya kalau ke Jogja harus beli yang ini selain beli Bakpia Pathok (oleh-oleh otentik jangan sampai ketinggalan ya).

 

7. Mamahke Jogja by Zaskia Adya Mecca

 

Ini nih yang gress…Mamahke Jogja yang digawangi oleh Zaskia Adya Mecca. Mungkin karena Hanung Bramantyo dari Jogja, makanya Zaskia buka toko nya di kota itu biar sekalian pulang kampung. Dilihat dari tampilannya, Mamahke ini terdiri dari sponge cake, pastry, lapisan perekat aneka rasa, dan topping. Kalau dibayangkan, mungkin kira-kira rasanya lembut dan crunchy. Nyam….

 

SEMARANG

8. Semarang Wifecake by Chelsea Olivia

 

Sama seperti Surabaya VidiViniVici, kue ini akan launching sebentar lagi . Tapi yang jelas orang dibalik itu yaitu Chelsea Olivia sudah mulai promosi di sosial medianya. Istri dari Glen Alienskie ini sepertinya pengen juga merasakan manisnya bisnis oleh-oleh seperti yang dilakukan suaminya.

 

9. Semarang Wingkoroll by Dewi Sandra

 

Toko kue milik Dewi Sandra ini rencananya akan hadir di Semarang. Dilihat dari namanya Mba DS sepertinya ingin meng-eksplore makanan khas Semarang yaitu Wingko menjadi satu bentuk makanan dengan tampilan dan penyajian yang lebih Modern

 

10. Semarang Thalcake by Ruben Onsu

 

Sama seperti teman-temannya. Ruben Onsu juga akan buka toko kue di Semarang dengan nama Semarang Thalcake (menurut dugaan saya nama Thal itu mengambil dari nama anaknya yaitu Thalia). Akun IG Semarang Thalcake ini sudah mulai ramai oleh teaser yang membuat jumlah followernya juga bertambah. Kita nantikan openingnya :).

 

CIREBON

11. Cirebon Sultana by Indra Bekti

Penampakan Cirebon Sultana varian mangga

 

Kali ini Indra Bekti beserta Istri bikin oleh-oleh yang dinamakan Cirebon Sultana. Kalau dilihat dari tampilannya sepertinya menggunakan pastry dan isian aneka rasa sesuai dengan variannya. Yang di gambar ini adalah rasa mangga, sepertinya menarik.

 

12. Cirebon Kelana by Ussy Sulistiowati

Cirebon kelana rasa mangga

 

Setelah sukses di bisnis kosmetik, kini Ussy Sulistiowati menjajal untuk bisnis kuliner dengan mendirikan toko kue yang diberi nama Cirebon Kelana. Kalau dilihat dari tampilanya, kue ini terdiri dari cake (sponge cake) pastry, dan lapisan perekatnya. Tampak yummy ya :). Eh…sepertinya Mangga memang merupakan produk unguulan dari Kota Cirebon, dan para pembuat kue berusaha memanfaatkan bahan tersebut.

 

13. Cirebon Cinnamon by Dimas Seto

IG Cirebon Cinnamon

 

Ada yang baru nih di Cirebon, Cirebon Cinnamon yang didirikan oleh Dimas Seto dan Istrinya Dhini Aminarti. Dilihat dari page di IG nya, toko kue ini masih teaser dan belum grand opening. Buat yang penasaran, stay tune ya.

 

BOGOR

14. Bogor Rain Cake by Shireen Sungkar

Price list Bogor Raincake

 

Kelihatan yummy kan…kan…kan…

 

Ada yang baru dari Shireen Sungkar. Mengikuti jejak suaminya, Shireen membuka toko kue di Bogor yang dinamakan Bogor Rain Cake. Mirip dengan kue yang lain, dia juga terdiri dari sponge cake, pastry, lapisan perekat, dan topping yang melimpah.

 

BANDUNG

15. Bandung Makuta by Laudya Cinthya Bella

Price list Bandung Makuta

 

aw…aw…aw… menggugah selera

 

Bella mengikuti sahabatnya Zaskia Sungkar untuk buka toko kue di daerah kelahirannya Bandung dengan nama Bandung Makuta. Kue Makuta ini kelihatan enak…sepertinya ini adalah perpaduan pie dan sponge cake, yummy….

 

LAMPUNG

16. Lampung Banana Foster by Hengky Kurniawan

https://kusumatrisna.files.wordpress.com/2017/05/photogrid_1495639858106.jpg?w=501&h=346

Alamat Banana Foster

 

Tampilannya, hemmm seperti banana cake

 

Hengky Kurniawan memilih Lampung sebagai tempat usahanya. Lampung sebelumnya sudah terkenal dengan keripik pisang. Kali ini ini pisangnya diolah menjadi semacam banana cake dengan modifikasi isian di tengahnya. Yang ini juga kelihatan enak.

 

PALEMBANG

17. Palembang Lamonde by Irwansyah

Setelah sukses dengan Medan Napoleon, Irwansyah mengembangkan kembali usahanya di Palembang dengan membuka toko kue Palembang Lamonde. Seperti apakah penampilannya, kita tunggu saja.

 

18. Palembang Queenroll by Sandra Dewi

 

Kalau tadi ada Dewi Sandra di Semarang, di Palembang ada Sandra Dewi yang juga akan membuka toko kue dengan nama Queenroll. Seperti apakah penampakannya, ditunggu aja ya :).

 

PEKANBARU

19. Pekanbaru Justcake by Melly Goeslow

 

Teteh Melly yang merupakan guru pembimbing BBB (bukan bintang biasa) tampaknya tertarik juga untuk mengikuti beberapa personel BBB yang buka toko kue. Teteh memilih Pekanbaru sebagai tempat usahanya.

 

JAMBI

20. Jambi Jambe by Sarwendah

 

Mantan personel Cherry Belle ini sepertinya juga tertarik dengan bisnis oleh-oleh dengan membuka sebuah toko kue di Jambi yang diberi nama Jambi Jambe. Kemasan kuenya feminin dan chick, dengan warna pink soft. Semoga kue nya juga enak…

 

MEDAN

21. Medan Napoleon by Irwansyah

Price List Medan Napoleon Price list Medan Napoleon

Kabarnya, kalau mau beli kue Medan Napoleon ini antrinya luar biasa, kan jadi penasaran gimana rasanya. Beberapa waktu yang lalu di kantor ada yang bawa kue ini tapi sayang ga sempat ngerasain keburu habis. Kalau dilihat dari penampakannya ini mirip sama Snow Cake. Bedanya adalah cake nya membungkus si pastry. Canggih ya yang bikin.

 

PONTIANAK

22. Pontianak Lamington by Glen Alienskie

 

Pernah baca di salah satu postingannya Lamington kalau kue ini sebenarnya ada cake yang dibalut cokelat leleh dan diberikan taburan parutan kelapa di sekelilingnya biar ketika dimakan tidak lengket di tangan. Wuih…bayangin aja kue plus cokelat udah enak, sepertinya ini endesss….

 

23. Realy Cake Pontianak by Prilly Latuconsina

Dedek Prilly suka kue juga nih…sepertinya kuenya enak. Soalnya liat di postingan IG nya Prilly sampai cemong-cemong makan Really cake. Ditunggu gambar kue nya ya dedek Prilly.

 

MANADO

24. Milvil Manado by Mikha Tambayong

Dedek Mikha Tambayong senengan aku juga ternyata peunya toko kue juga di Manado dengan nama MIlvil. Penasaran nih seperti apa penampakannya.

 

MAKASSAR

25. Boluta Makassar by Arie Untung dan Fenita

 

Omaygad…ada cheese cake di Makassar. Kira-kira modelnya mirip sama punya Tous les Jours (bakery yang juga punya toko di Surabaya). Kalau udah cheese cake sih InsyaAllah rasanya pasti enak (tapi biasanya ukurannya emang kecil kayak di foto yang ada orangnya itu).

 

26. Makassar Baklave by Irfan Hakim

Baklave ini semacam kue dari Turki dan Irfan Hakim mencoba menghadirkannya di makassar. Pastry, dipadu dengan isian kacang dan cake…sepertinya sedapppp.

 

27. Bosang Makassar by Ricky Harun

 

Dilihat dari Bentuknya Bosang Makassar ini juga mirip sama Surabaya Snow Cake. Jadi ada kue yang mengapit pastry kemudian pakai topping. Udahlah…dilihat dari bentuknya kue ini udah ketahuan kalau enak.

 

KENDARI

28. Brownte Kendari by Fenita Arie

 

Brownies sudah pada tau kalau makanan ini biasanya enak. Nah kalau brownies dipadu dengan katang Mente yang juga super lezat….pasti rasanya LUAR BIASA (yang penting harganya ga ikutan luar biasa mahal).

 

SOLO

29. Solo Pluffy by Jessica Mila

Sepertinya para atis muda pada seneng bisnis. Di Solo ada Jessica Mila yang akan membuka toko kue dengan nama Solo Pluffy. Penasaran bgaimana bentuknya.

 

30. Vava Cake by Titi kamal

Foto di bawah adalah Vava Cake yang didirikan oleh Titi Kamal. Berbeda dengan postingan diatas, Vava Cake ini ada di jakarta dan kalau dilihat dari gambar di IG nya, spesialisnya ada di roll cake. Tampak lembut dan lezat ya.

 

31. Gigi Eat Cake by Nagita dan Raffi

Nah…kalau gambar dibawah ini saya belum dapat info mau buka dimana, yang jelas pasangan hits masa kini yaitu Raffi dan nagita juga akan buka toko kue yang dinamai Gigi Eat Cake. Jumlah follower di IG nya sudah banyakkkk banget, padahal belum launching.

 

Berdasarkan pengamatan saya…ciehhh….kue-kue ini sebagian besar menggunakan 2 komponen utama yaitu sponge cake dan pastry. Yang membedakan adalah penempatan pastry, bentuk kue, dan isiannya. Trus…kelompok toko kue ini juga sebagian besar ada di 2 geng (gpp ya saya menyebutnya geng) yaitu geng Tengku Wisnu dkk-Ukhuwah Berlima dan geng Irwansyah-Jannah Corporation.

 

Semoga sukses jualannya ya Kakak…

Advertisements
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: