Home > Jalan-jalan, Kuliner, Tips > Review Surabaya Patata Oleh-oleh Premium Kekinian dari Surabaya

Review Surabaya Patata Oleh-oleh Premium Kekinian dari Surabaya

Assalamualaikum,

Sepertinya artis Indonesia semakin pandai memanfaatkan kepopulerannya dengan membuat bisnis termasuk bisnis oleh-oleh.  Setelah sebelumnya ada Surabaya Snowcake milik Zaskia Sungkar (review ada disini) sekarang ada lagi oleh-oleh kekinian milik selebgram Ria Ricis dan kakaknya Oky Setiana Dewi yang ‘nyambangi’ Surabaya. Berbeda dengan Snow Cake yang berupa puff pastry di mix dengan lapis Surabaya, Patata ini adalah kue yang teksturnya padat. Nama Patata dari hasil googling bermakna kentang, jadi sudah bisa ditebak kalau kue ini mengandung kentang.

 

Untuk varian dan harga bisa tengok gambar di bawah yang saya ambil dari IG nya Surabaya Patata.

Varian dan Harga Surabaya Patata

Widihhh…liat gambarnya udah bikin mupeng, ngeces, dan pengen langsung ‘hap’ aja nih. Jadi… Surabaya Patata yang dibuat sama Mba Okky dan Mba Ricis ini punya 5 varian dengan harga yang beda yaitu :

1. Nuttela Patata seharga idr 65k

2. Banana Peanut Patata seharga idr 65k

3. Black Patata atau biar lebih familiar rasa Oreo seharga idr 68k

4. Greentea Patata seharga idr 67k

5. Cheese Patata seharga idr 68k
.

Gambar menggiurkan dan publikasi yang joss membuat orang berbondong-bondong datang ke outlet Surabaya Patata yang berlokasi di Jl. Dharmahusada No. 187 Surabaya (sebelah hotel MaxOne sejejeran dengan Superindo Dharmahusada). Seperti awal kemunculan Snow Cake, pembeli pum harus antri lumayan panjang untuk membeli kue ini,  plus ada pembatasan juga jumlah maksimal per pembeli. Bagi yang penasaran tapi malas antri maka beberapa orang akan memilih pakai Jasa Titip (jastip).

The real pic Surabaya Patata, sepertinya varian Greentea dan Nutela. The real picture ambil di IG seseorang

Black Patata a.k.a. Oreo yang diunggah di IG Surabaya Patata

Kalau ini foto oleh customer Surabaya Patata yang diunggah di IG nya. Kuenya kelihatan padat.

Foto dibawah ini adalah hasil jepretan saya yang juga udah beli Surabaya Patata, mohon maaf ga sempet foto yang versi diiris karena ga sempat, tapi sudah terwakili dengan foto diatas.

Pendapat saya tentang kue ini…enak. Jujur saya beli kue ini karena penasaran sama yang lagi kekinian trus didukung juga ada teman kantor yang kepingin beli juga dan mau dititipi. Jadi Alhamdulillah saya beli Surabaya Patata tanpa effort kecuali uang aja.

Pas sampai rumah dicoba lah sama anak-anak dan diluar dugaan, ternyata mereka suka banget. Katanya “Ibu pinter deh beli kue ini “. Saya beli yang Black Patata (pantes lah mereka seneng soalnya seneng sama Oreo).

Selera orang bisa jadi beda-beda tapi menurut saya kue ini :

1. Penampilan kue ini cukup menarik. Box nya berwarna kuning terang dengan sentuhan colat muda yang bikin tampilannya ceria dan dalamnya di laminasi bening jadi kelihatan cakep. Di bix juga tercantum logo Halal MUI dan adap ketika makan (mungkin karena yang punya ustadzah). Bentuk kuenya bulat dengan diameter sekitar 15-20cm, tidak terlalu tinggi, dan diselimuti oleh topping sesuai rasa yang kita beli. Overall penampilannya menarik dan pantas dijadikan tentengan.

2. Tekstur. Saya tidak terlalu ngerti dunia per-baking-an sama seperti saya ga tau letak tepung kentang di kue ini ada di bagian mana nya. Untuk black patata, bagian bawah adalah lapisan kue coklat yang cukup padat (mungkin merupakan oreo bubuk yang dipadatkan). Kemudian atasnya ada cake yang teksturnya padat (bisa juga dibilang bantat) dengan rasa yang tidak terlalu manis (cocok buat saya yang ga terlalu suka manis soalnya saya sendiri sudah manis #eh). Trus di tengah kue nya ada isian berupa cream atau entah apa namanya yang cenderung lembek dan ga mengembang. Untuk Black Patata, rasa di isiannya ga terlalu kerasa karena mirip sama adonan cake yang juga sudah ditambahkan oreo. Kalau kata di IG nya ada yang meleleh di setiap gigitan, bagi saya sensasi melelehnya ga ada karena rasa di cream nya sama kayak bagian cake.

Karena teksturnya yang padat sepertinya kue ini cocok untuk takjil berbuka puasa sebelum kita sholat Magrib.

3. Rasa. Menurut saya rasa dari kue ini standar saja. Bisa dibilang enak tapi belum sampai istimewa. Rasanya ga terlalu manis jadi cocok buat yang ga terlalu suka manis seperti saya. Toppingnya Oreo ya gitu aja rasanya.

4. Harga untuk Surabaya Patata dibanderol idr 65-68k yang menurut saya lumayan mahal. Kenapa saya bilang mahal karena saya bandinginnya sama Lapis Surabaya punya Wisata Rasa yang reviewnya ada disini dimana sekotak kue yang isinya didonimasi kuning telur dibanderol idr 45k saja. Surabaya Patata ini memang tampilan dan kemasannya lebih modern daripada Lapis Surabaya, mungkin itu juga yang bikin harganya jadi lebih mahal. Menurut saya agak overpriced sih…maaf.

5. Repurchase? Saya rasa jawabannya Iya kalau untuk bulan ini. Karena Surabaya Patata lagi ada diskon 50% buat siapa aja yang repost picture yang sudah ditentukan baik di IG ataupun Facebook (hehehe…ga mau rugi). 

 

Overall Surabaya Patata ini layak untuk dicoba biar ga penasaran. Kalau beli buat oleh-oleh sepertinya cukup pantas juga karena kemasannya bagus dan pastinya orang dari daerah lain itu penasaran juga sama makanan ini (catatan: kalau dia mainan sosmed). Setelah promo berakhir sepertinya saya masih akan beli kue ini kalau lagi pengen.

Salam,

Lusi

 

Update :

Beberapa hari yang lalu saya beli yang Rasa Green Tea Patata dengan antri selama 45 menit. Adonan kue tidak terlalu manis tapi selai coklatnya banyakkkk dan manis (maaf saya ga terlalu suka yang filling manisss nya kebanyakan). Overall rasanya enak tapi kurang sesuai sama namanya. GreenTea menurut saya hanya tampil pada nama dan warna saja tetapi pada cake dan topping tidak teraca dan tercium aroma green tea, sorry.
Kemarin saya baru saja repurchase Surabaya Patata untuk dijadikan oleh-oleh untuk keluarga yang ada di kota lain (biqr mereka ga penasaran). Berdasarkan rekomendasi dari salah seorang teman, saya memilih varian Nutella Patata yang harganya cenderung paling murah diantara yang lain (idr 65k). Tak lupa selain beli untuk oleh-oleh saya juga menambahkan 1 box untuk dimakan sendiri. Menurut saya varian Nutella ini better dibandingkan dengan greentea (rasa mirip kalau dimakan sambil merem tapi harganya lebih murah). Bagian atas ada cake agak padat yang mengapit lapisan coklat nutella yang sudah dicampur dengan kacang tanah,  lapisan coklatnya cukup tebal dan cocok untuk chocolate lover. Bagian base, ada lapisan yg lebih tebal lagi dengan rasa gurih untuk mengimbangi manisnya nutella. So far favorite saya ada varian Nutella Patata. Sebenarnya pengen nyoba yang banana peanut tapi selalu saja kosong tiap saya kesana.
Fyi,  sekarang outlet Surabaya Patata sudah ga se crowded awal dia buka. Tapi lebih enak kalau beli di pagi hari (jam buka toko 07.00 – 22.00).  Kemarin saya sampai di toko jam 08.30 dan sama sekali ga antri. Masuk tinggal tunggu 1 customer trus langsung dilayani. Tapi setelah saya selesai ada sekitar 3 orang yang juga mau beli.

Advertisements
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: