Home > Jalan-jalan, Tips > Travelling : [Bangkok, Thailand ] Oleh-Oleh Snack dari Bangkok, Thailand

Travelling : [Bangkok, Thailand ] Oleh-Oleh Snack dari Bangkok, Thailand

 

Assalamualaikum,,,,

 

Ketemu lagi dengan tulisan saya. Kali ini saya mau pamer groceries yang saya beli waktu jalan-jalan ke Bangkok Thailand bulan lalu. Saya ini tipe orang yang ga terlalu suka fashion, jadi walaupun di Bangkok ada baju yang lucu-lucu saya ga tergoda (kecuali baju anak-anak buat my prince dan princess). Saya ini selalu kepo terhadap rasa makanan di negeri orang jadi saya bisa kalap kalau belanja di supermarket, ga perduli di negeri sendiri ataupun di negeri orang.

 

Waktu di Bangkok saya mengunjungi 2 supermarket yaitu Tops Supermarket di MBK Center lantai dasar dan Big C di Mega Bagna. Saya belanja lumayan banyak di kedua tempat itu sampai-sampai tas yang sudah disiapkan buat tempat makanan ga cukup lagi dan harus beli tas lagi di Chatucak, hehehe… Ga semua barang ini saya beli di supermarket, ada juga yang di toko dan ada pula yang di Chatucak (saya agak bingung belanja di Chatucak karena gede banget…) Apa saja yang saya beli….silahkan dibaca lanjutan post ini :).

Buat barang yang saya beli ini, insyaAllah sudah saya cek ada label Halal dari Majelis Ulama Bangkok, jadi aman buat muslim.

 

Vacuum freeze durian, coklat, sabun beras

 

Untuk yang durian nanti saya ceritain setelah ini ya….

 

Coklat United Almond ini se pack isinya banyakkkk, jadi lumayan kalau buat oleh-oleh temen kantor. Dalam 1 pack ini ada coklat yang dikemas single dan terdiri dari dark chocolate dan white chocolate.  Saya lupa ini harganya berapa tapi yangnjelas masih dibawah 100 bhat (under idr 40ribu). Makanan ini saya beli di salah satu kiosdi MBK center lantai atas (kalau ga salah lantai 3) dimana ada 2 toko yang berdekatan dan keduanya jualan snack.
Rice Milk Soap atau sabun beras, saya ga ngerti mereknya apa soalnya pakai tulisan Thailand. 1 pack isinya 12 pcs sabun seharga 100 bhat (idr 40ribu). Sebenarnya sabun ini sudah banyak dijual di ol shop Indonesia, tapi kalau beli langsung di negara asalnya saya kok ngerasanya lebih afdol hehehe…. Kalau kata Ibu saya, bau sabun ini kayak makanan/kue, sedaappp. Nah barang ini saya belinya di Chatucak weeknd market.

 

Freeze dried durian merek Fruit King

 

Ini nih yang lumayan fenomenal sebagai oleh-oleh khas negara Thailand yang terkenal dengan varietas durian monthong nya. Sebenarnya saya pengen banget mencicip durian monthong segar, katanya di deket stasiun BTS Mo Chit ada yang jual. Tapi sepertinya saat saya ke Bangkok lagi ga musim durian soalnya jarang yang jual, kalaupun ada harganya mahal. Alternatifnya adalah beli durian yang sudah dikeringkan ini di MBK Center, harganya ga sampai 100 bhat se bungkus. Sebenarnya ada beberapa merek durian kering, tapi dari hasil baca-baca merek inilah yang cukup recommended.

 

Rasa dari snack ini ya durian, cukup enak dan Alhamdulillah sudah ada logo halal di kemasannya. rasa durian agak ada pahit sedikiiit saja, agak mengurangi kenikmatan sih, tapi ya lumayan lah….cocok buat oleh-oleh orang untuk orang terkasih. Oya di dalam kemasan itu ada 2 kemasan lagi yang lebih kecil untuk menjaga kesegarannya. Kata di kemasannya, 100 gran freeze dried durian ini dibuat dari sekitar 1,7kg durian segar (ga boleh makan terlalu banyak nih).

 

Crispy fish

 

Inside the plastic bag

 

Yang ini namanya crispy fish yang lagi-lagi saya ga tau mereknya. Belinya di salah satu toko di MBK Center yang sama waktu beli durian kering. Saya kirain makanan ini rasanya gurih-gurih gitu…soalnya menurut saya ikan itu identik dimasak gurih. Tak disangka waktu dibuka ternyata rasanya manis dan ada wijennya. Agak aneh sih…tapi enak.

 

137 degrees matcha latte with walnut milk  dan almon milk

 

Saya beli minuman ini karena dia ga ada di Indonesia. Beberapa saat belakangan saya tertarik sama yang namanya susu non hewani yang salah satunya bersumber dari kacang-kacangan. Pas di Big C Mega Bagna ada barang ini…ya wis lah langsung beli aja. Harganya lumayan mihil sih….saya lupa pastinya berapa tapi kan emang susu almond di Indonesia juga mahal.

 

Minuman ini less sugar sehingga cocok banget buat para vegan. Dari segi rasa juga enak apalagi kalau disajikan dingin. Sedotannya lucu, dia lurus aja gitu tapi bagian dalanya bisa ditarik biar lebih panjang. Sepertinya ini bukan produk asli Thailand, namun sudah ada sertifikasi halal dari MU nya Thailand.

 

Sebenarnya pengen beli Lactasoy (susu kedelai) tapi kok ya belanjaan sudah terlalu berat dan kapastas tas juga sudah mau teriak gara-gara kepenuhan, akhirnya dibalikin lagi ke rak tokonya.

 

Mie instant Thailand

Kalau yang ini Mie Instant dari Thailand mereknya Sue Sat. Seperti yang sudah dibilang di awal, saya kepo sama makanan. Di Indonesia ada Indomie yang melegenda dan mendunia, pengen juga dong ngicipin mie instant nya Thailand. 
Seleksi buat dapatin barang ini lumayan juga. Saya harus mengecek satu per satu varian mie instant yang ada di supermarket. Dari semua yang saya cek, alhamdulilah ada satu ini yang mencantumkan label halal di kemasan, sementara ada merek lain (mayoritas mie di supermarket itu bermerek ini) tidak ada logo Halal.

Squid Seafood Snack

Baca dari beberapa tulisan di Internet sepertinya snack ini wajib dibeli kalau lagi ke Thailand. Mungkin alasannya karena ga ada makanan macam ini di Indonesia.  
Dia merupakan snack entah dari cumi asli yang langsung disetengah kering atau cumi nya dijadikan pasta trus diolah. Yang jelas baunya khas seafood banget, sampe sampe temen kantor ada yang nyeletuk ‘baunya kayak pasar ikan”. Well sebenarnya ga separah itu juga sih. Dari segi rasa snack ini ga konsisten di lidah orang Indonesia, ada yang bilang enak ada juga yang ngerasa aneh bahkan bilang rasanya ga banget. Kalau saya sendiri sih ga ada masalah…enak-enak aja, begitu juga dengan keluarga saya. Kalau tekstur bisa dibilang snack ini “alot (bahasa Jawa)”. Ada 2 .varian rasa dari jenis ini, yang biru rasanya asam manis gurih, ada juga yang kemasannya merah mungkin rasanya pedas gurih.
Saya beli snack ini di MBK lantai 3 dan jualnya per pack isi 10 biji, cocok buat oleh-oleh. 

Logo Halal

Tao Kae Noi Seaweed

Kalau yang ini usah pada tau kan ya dari gambar maskotnya. Yes…inilah Tao Kei Noi yang di Superindo dan Indomaret juga ada. Mungkin karena asli dari Thailans makanya harga snack ini cuma setengah harga di Indonesia (kalau kita beli disana). Varian rasanya juga banyak banget…ada yang rasa pedes banget tapi ternyata menurut saya ga enak. Enakan yang rasa standar aja. Kalau di Big C supermarket, snack ini dikasih tanda sebagai Tourist Choice.

Logo Halal

Nah…yang membedakan Tao Kae Noi Thailand dan yang di jual di Indonesia adalah logo Halal ini. Snack ini sudah ada logo Halal dari MUI-nya Thailand, tapi entah kenapa produk sama yang dijual di Indonesia belum memperoleh sertifikasi Halal dari MUI.

Pad Thai dan Tom Yum

Saya nemu barang ini di Big C supermarket trus langsung penasaran, langsung deh masuk ke keranjang. Kapan hari sudah nyobain yang PhadThai tapi menurut saya rasanya kurang oke, entah saya yang salah masak atau memang begitu. Yang jelas PhadThai nya lebih enak yang di Yana Restaurant MBK (yaiyalahhhh…). Kalau untuk Tom Yum saya belum nyobain. Semoga aja mirip sama aslinya (saya makan Tom Yum di Bangkrak Bazaar dekat penginapan). Kedua barang ini sudah aja Halal nya…Alhamdulillah. 

Pocky dan Pejoy


Snack yang ini juga sudah ada di Indonesia  dan harga di sini dan sana juga mirip kalau di kurs kan, bahkan lebih murah beli di Indomaret kalau pas lagi promo. Untuk rasa saya udah ga usah comment, sama aja kayak yang dijual di Indonesia. Nah…untuk logo Halal, kalau yang beli dari Thailand sudah ada logo nya sementara kalau di Indonesia belum ada. 
Antara Pocky dan Pejoy….saya lebih seneng yang Pejoy karena menurut saya lebih enak (ini masalah selera aja sih). Oya makanan ini saya beli di Big C Supermarket pas ada promo buy 2 get 1 free. Alhamdulillah. 

Minuman instant Thailand


Nestea ThaiTea adalah salah satu beverage wajib yang harus dibawa sebagai oleh-oleh karena dia asli dari Thailand. Rasanya mirip banget sama teh tarik dari Melayu. Saya belinya di Tops Supermarket dan di Big C Supermarket dengan harga THB 85 per pack (waktu itu lagi ada promo). Sebenarnya di toko snack MBK lantai 3 juga jual tapi lebih mahal yaitu THB 100 per pack. Dari hasil kepo di online shop, biasanya Nestea ThaiTea ini dijual sekitar IDR 55-60 ribu per pack.
Saya beli juga nih produk dari Ovaltine yaitu Susu Coklat 3 in 1 sama susu kedelai. Keduanya beli di Big C Supermarket dengan harga yang kalau di kurs ga terlalu beda sama di Indonesia (lebih murah di Thailand sedikit). Yang bikin tenang lagi, kedua minuman ini sudah ada logo Halal dari Majelis Ulama Thailand.
Dari beberapa barang yang saya post udah kelihatan kan betapa saya ga tahan sama yang namanya belanja groceries dan harus beli tas tambahan buat naro barang-barang itu. Semoga tulisan ini bermanfaat.
Salam,

Lusi

  1. Fauziah putri
    27 June 2017 at 10:45 PM

    Mba… Maaf mau tanya harga squid seafood snack brp 1 pak ya.. ? Mohon info.. Thank you

    • 3 July 2017 at 8:31 AM

      Berapa ya mba…kayanya sebungkus sekitar 100 bhat. Saya lupa

  2. 1 July 2017 at 11:49 PM

    Ada pocky tomyam lho..lucu,original thai bgt. Sm bbrp rice snack yg kayanya blm ada di di indonesia. Ada dried fruit yang lain juga (selain durian). Bumbu instan tomyam juga ada.
    Oiya,semua yang saya sebut ada label halalnya.
    Mbak itu bener durian fruit king 100 B?kayanya harganya 300+ deh..

    • 3 July 2017 at 8:33 AM

      Wah…kemarin ga ketemu pocky tomyam pas ke big c. Semoga next time bisa ke bangkok lagi hehehehe…
      Kalau durian sepertinya ga sampai 300 mba…kayaknya ga nyampe 100ribu kalau dirupiahkan. Sekitar 200thb mba, lagi diskon di tops spm

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

