Home > Jalan-jalan, Life, Tips > Obat untuk Menunda Menstruasi saat Umroh / Haji

Obat untuk Menunda Menstruasi saat Umroh / Haji

Ketika sedang menjalankan umroh atau haji pasti pengen bisa beribadah secara maksimal. Kalau bisa selalu sholat fardhu dan sunah di masjid. Tapi khusus buat perempuan, kadang impian itu ga sesuai dengan kenyataan karena datangnya “tamu bulanan”.

Ibadah umroh biasanya punya waktu yang ga terlalu lama, di Idonesia biasanya 7-13 hari. Makanya sayang banget kalau ga maksimal.

image

Buat yang akan kedatangan tamu saat waktu umroh sebaiknya dan akan lebih afdol kalau konsultasi ke dokter dan diperiksa kondisi di dalam rahim. Bila diperkirakan akan mens pada hari H maka dokter akan kasih resep obat yang mengandung norethisterone dengan beberapa merek dagang antara lain primolut, luthenyl, norelut, dll. Obat ini nantinya akan “menipu” tubuh seolah-olah “hamil” sehingga dinding rahim ga mengalami peluruhan. Sebenarnya pakai pil KB yang mengandung hormon juga bisa (contohnya pil KB Diane).

Pengalaman pribadi, saya ga konsul ke dokter (soalnya sudah kenal sama dokternya dan malas keluar rumah jadi via WA saja). Sama dokter kenalan langsung minta resep dan dikasihlah primolut N 1×1 hari mulai 10 hari sebelum waktu mens sampai pulang ke tanah air. Oke saya ikuti aturan itu, tapi saat badan saya lebih capek dari batas normal ada flek yang keluar, semacam orang hamil kalau kecapekan gara-gara lembur. Pasrah sama Allah aja sambil berdoa semoga itu bukan darah haid. Akhirnya, karena penuh keraguan, biar lebih kuat bendungannya saya tanya ke dokter lagi saya dapat tambahan obat dycinone yang fugsinya untuk menghentikan pendarahan. Lumayan membantu tapi kalau capek masih flek juga. Akhirnya pasrah Lillahi Taala sambil terus mengkonsumsi obat tersebut. Karena beberapa kali flek jadi saya sering mandi besar tiap kali akan sholat (kalau pas lagi flek saja). Lebih repot sih tapi demi bisa menjalankan ibadah. Menjelang kepulangan saya ga minum obat lagi dan akhirnya sampai rumah langsung jebol.

Kata teman yang juga dokter, dosis si primolut itu sebelum mens 3×1 biar hormon progesteron terondisi tinggi dulu nah kalau sudah waktunya mens malah 2×1 untuk mempertahankan aja. Entahlah mana yang lebih akurat, jadi sebaiknya kalau memang bareng tanggalnya akan lebih baik ke dokter dan usg rahim.

Selamat menjalankan umroh bagi yang akan melaksanaknnya.

Advertisements
Categories: Jalan-jalan, Life, Tips Tags: , , , ,
  1. 11 March 2017 at 2:14 PM

    Pengen Banget Umroh

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: